Manajemen operasional merupakan kebutuhan bagi berbagai macam organisasi, seperti perusahaan manufaktur, jasa, dan bisnis jasa. Dalam perusahaan manufaktur, manajemen operasional digunakan untuk menentukan cara terbaik untuk mengatur pabrik, membuat produk, dan mengelola persediaan.

Dalam jasa, manajemen operasional digunakan untuk menentukan cara terbaik untuk mengelola layanan yang diberikan kepada pelanggan.

Dalam bidang jasa, manajemen operasional digunakan untuk menentukan cara terbaik untuk mengelola sumber daya manusia, mengelola proses bisnis, dan meningkatkan efisiensi.

Manajemen Operasional Bemfe Unimus

Pengertian Manajemen Operasional

Manajemen operasional adalah proses yang melibatkan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian sumber daya (baik manusia maupun alat-alat) untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien.

Manajemen operasional berkaitan dengan pembuatan keputusan tentang pembuatan produk atau jasa, pengoperasian sistem, pengelolaan inventori, dan pengelolaan sumber daya manusia.

Pada era modern seperti saat ini teknologi adalah salah satu faktor yang mempengaruhi manajemen operasional perusahaan. Teknologi dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan efisiensi, kualitas, dan inovasi operasional, serta memberikan keunggulan bersaing di pasar. Sebaliknya, perusahaan yang tidak menggunakan teknologi akan mengalami kesulitan untuk berkembang dan bertahan.

Tujuan Manajemen Operasional

Manajemen operasional adalah proses yang bertanggung jawab untuk mengelola semua sumber daya perusahaan secara optimal. Sumber daya ini meliputi bahan baku, tenaga kerja, peralatan, dan fasilitas yang digunakan untuk menghasilkan barang atau jasa.

Tujuan manajemen operasional perusahaaan dapat berbeda-beda sesuai industri yang bersangkautan, Namun Tujuan utama dari manajemen operasional adalah meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses produksi. Berikut dibawah ini merupakan tujuan umum dari manajemen operasional

  1. Meningkatkan efisiensi dalam pengoperasian sistem dan proses bisnis, yaitu menghasilkan produk atau jasa dengan menggunakan sumber daya sekecil mungkin.
  2. Meningkatkan produktivitas perusahaan dengan meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya, yaitu menghasilkan produk atau jasa dengan kuantitas dan kualitas yang tinggi.
  3. Menjamin kualitas produk atau jasa yang diberikan kepada pelanggan, yaitu memenuhi atau melebihi harapan dan kebutuhan pelanggan.
  4. Menjamin keandalan produk atau jasa yang diberikan kepada pelanggan, yaitu memastikan produk atau jasa dapat berfungsi dengan baik dan konsisten.
  5. Menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan bisnis, yaitu mampu merespon dan mengantisipasi perubahan pasar, teknologi, regulasi, dan kompetitor.
  6. Mengembangkan proses bisnis dan produk baru untuk memenangkan persaingan, yaitu mampu menciptakan dan memperbaiki proses bisnis dan produk yang memberikan nilai tambah bagi pelanggan dan perusahaan.
  7. Menjamin kepuasan pelanggan dengan menyediakan produk atau jasa yang berkualitas dan layanan yang baik, yaitu mampu membangun dan menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Manfaat Manajemen Operasional untuk Perusahaan

Manajemen operasional merupakan proses yang sangat penting bagi perusahaan karena untuk mendukung perusahaan mencapai tujuan secara secara optimal.

Dengan manajemen operasional yang efektif, perusahaan dapat meraih beberapa manfaat, antara lain :

Efisiensi biaya
Manajemen operasional dapat membantu perusahaan dalam melakukan efisiensi biaya dengan mengatur penggunaan sumber daya secara optimal.

Peningkatan Produktivitas
Manajemen operasional dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan produktivitas dengan memperbaiki efisiensi proses bisnis.

Meningkatnya Kualitas Produk atau Jasa
Manajemen operasional dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan kualitas produk atau jasa yang ditawarkan kepada pelanggan.

Kepuasan Pelanggan Meningkat
Manajemen operasional dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dengan menyediakan produk atau jasa yang berkualitas dengan layanan yang baik.

Peningkatan Kinerja
Manajemen operasional dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan kinerja agar dapat mencapai tujuan perusahaan secara optimal.

Strategi Manajemen Operasional

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melakukan manajemen operasional yang efektif, antara lain :

Lean Manufacturing : Cara ini bertujuan untuk mengurangi pemborosan dan meningkatkan efisiensi produksi dengan cara mengatur aliran material dan proses produksi secara optimal.

Six Sigma : Cara ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk atau jasa dengan cara mengurangi variasi dan meningkatkan kontrol proses produksi menggunakan metode statistik.

Manajemen Proses Bisnis : Cara ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses bisnis dengan cara mengoptimalkan atau mengubah proses bisnis secara radikal.

Perencanaan Proses Bisnis : Cara ini bertujuan untuk mengembangkan rencana jangka panjang untuk mencapai tujuan bisnis dengan cara mengatur proses bisnis secara optimal.

Manajemen SDM Perusahaan : Cara ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja perusahaan dengan cara mengelola, mengembangkan, dan memotivasi sumber daya manusia perusahaan.

Baca Juga : RUANG LINGKUP MANAJEMEN LOGISTIK MANAJEMEN OPERASIONAL

Kesimpulan Manajemen Operasional

Manajemen operasional adalah bidang yang terus berkembang seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Bidang ini berawal dari pemikiran Adam Smith dan F.W. Taylor yang mengembangkan konsep manajemen ilmiah dan time-study untuk meningkatkan produktivitas kerja.

Selanjutnya, konsep manajemen operasional juga memperhatikan aspek sumber daya manusia berdasarkan hasil penelitian howthorne studies. Konsep-konsep yang muncul kemudian, seperti lean production, six sigma, bertujuan untuk menciptakan proses operasional yang efisien dan efektif dalam mencapai tujuan perusahaan.

Manajemen operasional adalah salah satu aspek penting dalam menjalankan bisnis yang sukses. Proses operasional meliputi semua aktivitas yang berkaitan dengan produksi dan distribusi barang atau jasa kepada pelanggan.

Untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas operasional, manajer harus membuat keputusan yang tepat sesuai dengan jangka waktu yang berbeda.

  • Keputusan strategis berkaitan dengan perencanaan jangka panjang, seperti pemilihan teknologi, lokasi, dan kapasitas.
  • Keputusan taktik berkaitan dengan pengalokasian sumber daya, penjadwalan, dan pengendalian persediaan.
  • Keputusan perencanan dan pengendalian operasi berkaitan dengan pengaturan aktivitas harian, seperti penugasan pekerja, pengawasan kinerja, dan penyelesaian masalah.

Dengan membuat keputusan yang seefektif mungkin, manajemen operasional dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan dan pelanggan.